Ribuan pohon mangrove ditanam TNI dan Polri di Desa Ketapang Mauk Tangerang

Patroliindonesia.com |Kab.Tangerang

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menanam pohon mangrove dan menebar benih ikan di Kampung Pelelangan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Selain di Tangerang, kegiatan tersebut juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 360.000 pohon dan penebaran ikan, udang. Jadi kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, ini hanya simbolis saja,” kata Idham di lokasi, Jumat, 21 Februari 2020.

Kegiatan yang disertai pelepasan 10 ribu ikan itu dihadiri Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Kapolri mengatakan penanaman pohon mangrove tersebut sebagai upaya melestarikan lingkungan dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

“Kegiatan ini hanya simbolis saja di Mauk, tapi sebenarnya seluruh Indonesia melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 260 ribu pohon dan penebaran bibit ikan,” ujar Idham usai melakukan penanaman mangrove.

Idham berharap, langkah Polri dan TNI tersebut turut diikuti oleh masyarakat. Sehingga ekosistem pantai di Indonesia terjaga kelestariannya.

“Kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli lingkungan hidup.dan menjaga ekosistem,” tambahnya.

Sementara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menyampaikan “menanam pohon mangrove sangat bermanfaat untuk lingkungan, khususnya penghijauan di pantai.”

Hadi berharap penanaman mangrove dan pelepasan bibit ikan bisa memberi manfaat bagi masyarakat pesisir. Sebab selama ini pohon mangrove dianggap bisa menahan kenaikan air laut, sehingga meminimalisir terjadinya banjir.

“Kehilangan hutan bakau menyebabkan mengurangnya garis pantai, banjir, dan hilangnya ikan. Dampaknya ekosistem rusak, dan ikan hilang dari pesisir,” ujarnya.

Hadir juga di lokasi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala BNPB Doni Monardo, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Ardianto, dan Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso. Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, serta perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Red/NSR)

Pos terkait