Asal-usul Desa Pendil Yang Memiliki Pesona Wisata-wisata Alami Dan Asri Di Jawa Timur

Patroliindonesia |Probolinggo, Jatim – Sejarah Asal-Usul Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur

Dari berbagai sumber yang telah di telusuri dan digali oleh team patroli Indonesia news mengenai sejarah asal-usul Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur pada hari kamis (03/09/2020).

Ahirnya terungkap setelah dari beberapa pertanyaan yang diberikan oleh team patroli ke Bapak Misnadi yang berasal dari Desa Pendil.

Desa Pendil ini banyak memiliki Versi cerita yang cukup bervariatif dan menarik. Hal tersebut di karenakan banyaknya tempat-tempat indah yang kemudian di percaya dan di jadikan pedoman sebagai orang pertama yang datang membabat Desa Pendil.

Dari dasar diatas akhirnya kami jadikan Legenda Desa Pendil yang diangkat dari tokoh yang berasal dari salah satu dusun Desa pendil yaitu Dusun Asem Manis Blok Darungan. Mengapa begitu? Karena secara umum Masyarakat meyakini bahwa awal sebelum di namakannya Desa Asem Manis yaitu masih bernamakan Dusun Darungan yang artinya membabat, yang mana ada seorang manusia yang berasal dari Pulau Madura membabat hutan hingga selesai, usai membabat hutan beliau merasa sangat kehausan dan ingin meminum air, kemudian beliau memasak air dengan “KENDIL” yang konon dari inilah menjadi asal usul di namakannya Desa Pendil.

Kini Desa Pendil sudah terkenal dengan adanya tarian tradisional yaitu tarian glipang yang di ciptakan oleh sosok pemuda yang berasal dari madura dan juga sosok pemuda itu tinggal di desa pendil yaitu Bapak Seno Truno,” terang bapak misnadi.

(M.Haris)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *