Kinerja DLH Kota Tangerang Dipertanyakan Oleh BPAN Dari LAI Dan LSM Libra

Patroliindonesia |Kota Tangerang, Banten -Badan Penelitian Aset Negara (BPAN) Pusat mendatangi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait pembuangan limbah industri pabrik diwilayah administrasi Kota Tangerang. Senin, (26/10/20).

Asep Rahman selaku Anggota BPAN Pusat yang ber kantor di pusat Lembaga Aliansi Indonesia Taman Mini Jakarta Timur dengan di dampingi Yasril Chan dari AWII.News mendatangi Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang guna konfirmasikan dugaan atas pelanggaran tindak pidana atas Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) PT.Leo Graha Sukses Primatama yang berada di areal industri yang dalam teritorial tugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang.

“Saya datang hanya untuk mengkonfirmasi masalah pembuangan limbah dari PT.Leo Graha Sukses Primatama sebagai salah satu perusahaan yang berada di lingkungan Administrasi Kota Tangerang. Sebagai pabrik kertas yang kebetulan terlihat keberadaan pipa pembuangan ke kali cisadane dari pabrik tersebut, dan sampai saat ini masih jadi pertanyaan masyarakat ‘pipa itu untuk pembuangan apa..? Namun dugaan kuat masyarakat, itu pipa pembuangan limbah pabrik.

Pertanyaan saya hanya terkait limbah industri, apakah saluran itu adalah saluran pembuangan limbah atau apa..? Baiknya kita cek hal ini bersama,” kata Asep.

Karna jika memang Dinas Lingkungan Hidup belum mengetahui hal tersebut, maka saya coba mengajak petugas yang wajib menjalani tindak lanjut penyelidikan, semestinya sudah mendapatkan informasi perizinan mengenai lingkungan di wilayah teritorialnya agar informasi yang diterima bisa menjadi akurat dan menjadi penilaian kinerja Dinas Lingkungan Hidup,” tambah asep.

Asep pun menerangkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup juga mengatakan sudah pernah memanggil Perusahaan tersebut disaat ada masalah tentang Limbah.

“Awalnya saya memberikan informasi ini atas dasar informasi warga masyarakat, agar dapat segera ditindak lanjuti. Dan kebetulan pihak Dinas Lingkungan Hidup juga telah membeberkan kepada saya bahwa pihaknya juga sudah pernah melayangkan surat teguran kepada pihak PT.Leo Graha Sukses Primatama sebagai industri atau pabrik kertas yang berdomisili di Karawaci, Kota Tangerang.

Namun pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang belum menjelaskan jawaban atas hal tersebut, dan saya mah hanya perlu kesiapan Dinas Lingkungan Hidup untuk turun bareng meng investigasi pabrik tersebut sesuai prosedurnya. Apakah Amdalnya sudah sesuai..?

Dan apakah pihak dinas sudah pernah melakukan pengecekan pengelolaan penampungan dan saluran pembuangan limbah pabrik tersebut sudah sesuai dengan aturan dampak lingkungannya..? Ya semoga kinerja Dinas Lingkungan Hidup bisa menjelaskan hal ini kepada masyarakat dan kepada para wartawan guna publikasi yang sebenarnya,” papar Asep.

“Sekarang kan ada Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP). Jadi wajib dong pihak dinas terkait memberikan informasi yang terbuka kepada wartawan sebagai kontrol sosial masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar yakin bahwa lingkungannya aman karna kinerja Dinas Lingkungan Hidup sudah bertugas dengan semestinya,” tutup Asep.

Hal yang sama juga menjadi pertanyaan Bang Irwan Ketua Umum LSM LIBRA INDONESIA

“Kebetulan selama ini kami juga sudah memantau perusahaan tersebut, dan yang menjadi pertanyaan kami adalah tentang IPAL dan Amdalnya, apakah sudah sesuai..? Saat ini beberapa dugaan terkait dari masyarakat sedang kami tampung sebagai aspirasi yang akan kami jadikan pertanyaan langsung ke pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang,” kata irwan saat berkumpul mendatangi markas wartawan tangerang dari AWII (Aliansi Wartawan Independen Indonesia).

Sumber berita dirilis bersama Media AWII.NEWS

(Red/UJ)

Pos terkait