Viktor tidak Menghadiri Pleno Penetapan Pilkada di KPU Manggarai, Ada apa?

PATROLIINDONESIA |Ruteng, NTT – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Manggarai melaksanakan pleno penetapan pemenang Pilkada pada 9 Desember 2020, pada Sabtu, (23/1/2021).

Calon petahana Deno Kamelus dan Viktor Madur yang kalah dalam pilkada 9 Desember 2020 lalu tidak hadir, meskinpun demikian pleno tetap berjalan dengan aman sampai pada proses penetapan paslon terpilih yakni Herybertus G.L. Nabit-Heribertus Ngabut atau Hery-Hery.

Hery-Hery menang dalam Pilkada Manggarai dengan meraup 103.873 suara, sedangkan calon petahana Deno-Madur hanya mendapatkan 67.354 suara.

Ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono mengatakan, penetapan tersebut sudah sesuai dengan agenda dan proses berjenjang mulai pendaftaran calon, pemungutan suara, rekapitulasi dan penetapan hasil sampai penetapan paslon Bupati-Wabup terpilih.

Lebih lanjut, “Terkait permintaan penundaan jadwal pleno dan laporan yang dilakukan oleh kubu paslon petahana ke DKPP, tidak memiliki hubungan dengan proses pleno penetapan yang harus dilaksanakan sesuai tahapan Pilkada. Untuk proses hukum atau aduan ke DKPP tetap dijalankan. Itu hak setiap warga negara utk melaporkan dan dilaporkan,” ungkapnya.

Ia menegaskan siap bertanggung jawab terhadap seluruh kerja kelembagaan, termasuk membuktikan pemilihan 9 Desember 2020 lalu adalah pemilihan yang bermartabat, jujur, partisipatif, terbuka, imparsial dan berkepastian hukum,” tutup Thomas.

Hadir dalam penetapan tersebut diantaranya, KPU dan jajaranya, Bawaslu Manggarai dan jajaranya, TNI, Polri, Timsus dan Tim Partai Pengusung dari Paket Hery-Hery.

(Tensi Rea)

Pos terkait