Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FKIP Untirta) Gelar Pengabdian Pada Masyarakat

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

Patroli Indonesia, Lebak – Pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan FKIP Untirta Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin dan bertempat di Kampung Cikapol, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak ini diadakan selama tiga hari, dibuka sejak 1 januari 2020 dan rencana berakhir pada 3 Januari 2020 besok.

Pengabdian ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (HIMA PTM) sebagai salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian tahun ini sangat istimewa, karena dilaksanakan di ujung tahun 2020 dan di awal tahun 2021, dan pada saat masyarakat lain liburan HIMA PTM tetep konsisten melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Peserta pengabdian terdiri dari Mahasiswa PVTM dan masyarakat Kampung Cikapol Desa Karangnunggal Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak.

Ketua pelaksana Reza Awalludin menyampaikan, bentuk pengabdian meliputi beberapa kegiatan, diantaranya membantu masyarakat kampung cikapol dari bencana longsor di penghujung 2020. Lebih lanjut, menurut Reza bahwa Output dari kedua kegiatan yakni sebagai upaya meminimalisir terjadinya bencana dikemudian hari dan mengembalikan perekonomian warga yang sawah atau ladangnya terkena bencana alam.

“Salah satu implementasinya yakni penyuluhan dan penanaman pohon pohon besar yang kuat akarnya agar bisa menahan struktur tanah di daerah perbukitan khususnya,” ujarnya.

Sementara itu, Damanhuri, M.Pd Wakil Dekan Bidang 3 Bagian Kemahasiswaan FKIP UNTIRTA yang hadir saat membuka kegiatan, dalam sambutannya menyampaikan kedepan HIMA PTM bisa lebih bersinergi dalam membantu masyarakat.

“Semoga HIMA PTM bisa lebih bersinergi kedepannya dalam membantu masyarakat dan selalu melakukan kolaborasi untuk menjadikan masyarakat kec. cirinten lebih mandiri dalam menyikapi bencana alam yang masih menghantui.”

Sebagai narasumber, Lulu dari Pokja Relawan Banten yang didampingi Surya Ketua HIMA PKM memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para peserta kegiatan.

(Jimuy)
Kontributor : Mohamad Mu’min

Facebooktwitterlinkedinmailby feather
 

Pos terkait