Terkait Keterlambatan BLT DD Bangka Kantar, (SMR) Masyarakat Harap Bersabar

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

Patroliindonesia |Manggarai Timur, NTT – Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggrai Timur hingga saat ini BLT DD Tahap I untuk 2 bulan yang terhitung bulan mei dan juni belum dibagikan. Senin (27/07/2020).

Hal tersebut diatas menimbulkan wacana dikalangan masyarakat. Bahkan beberapa tokoh masyarakat sempat mengadu ke media untuk menanyakan hal ini, bahwasannya PEMDES tidak peka dan peduli dengan kondisi masyarakat ditengah pandemi ini.

Bacaan Lainnya

Menyikapi hal itu, Silvester Mediator Rawan ‘kades’ Bangka kantar kepada jurnalis media patroli indonesia.com menerangkan kita tidak bisa melanggar juknis. Keterlambatan ini sesuai dengan kondisi keuangan Desa.

Lebih lanjut silvester mengatakan, “kita ketahui bahwa untuk tahap I yang dibagikan pada tanggal 22 mei 2020 lalu jumlah KPM sebanyak 197. Akan tetapi dari 197 KPM itu, ada yang menerima BPNT susulan sebanyak 48 KPM. Dari 48 KPM tersebut ada 43 KPM yang terdata dalam KPM BLT DD. Mengingat aturan bahwa yang menerima PKH tidak diperkenankan untuk menerima BLT DD dengan alasan tidak boleh ada pendobelan maka PEMDES akan melakukan pendataan ulang untuk mengganti 43 KPM tersebut.

“Kemudian setelah pendataan kita juga kondisikan dengan keuangan Desa. Untuk pencairan tahap II DD tahun 2020 beda dengan tahun sebelumnya. Tahun 2020 penaciran DD Tahap II ada III tahap dengan persentase 15%,15% dan 10% untuk menggenapi 40%. Untuk pencairan 15% pertama ditahap II kita alokasikan untuk penanganan covid19 dan pemberdayaan. Sehingga untuk BLT DD tahap I yang terhitung bulan mei dengan juni kita alokasikan dipencairan 15% dan 10% pencairan DD Tahap II,” ungkap silvester.

Menutup pembicaraan silvester mengahrapakan agar masyarakat diminta bersabar. “Saya mengharapkan kepada masyarakat agar selalu bersabar dan saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas keterlambatan ini, kita akan usahakan supaya pembagiannya akan dilaksanakan bulan agustus mendatang,” tutup silvester. 

Menyikapi hal serupa, Lorensius Beos ketua ‘BPD Bangka Kantar’ mengatakan saya mewakili masyarakat Desa Bangka Kantar meminta kepada pemerintah Desa Bangka Kantar agar dengan segera mengakomodir apa yang menjadi hak rakyat. Saya minta dalam waktu singkat pemerintah Desa Bangka Kantar agar mengakomodir hak-hak masyarakat untuk tepat sasaran,” ungkap Lorensius.

Lorensius juga mengharapkan kepada masyarakat untuk selalu bersabar menunggu jika sampai akhir tahun BLT DD ini juga belum dibagikan, saya bersama masyarakat akan mengambil langkah lebih tegas. Tetapi untuk sementara kita harus bersabar, tutup Lorensius. (Iren Antus)

Facebooktwitterlinkedinmailby feather
 

Pos terkait