Berantas Narkotika Imigrasi Tangerang Lakukan Kolaborasi dengan BNN dan Disdukcapil

MPI, Kota Tangerang – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang berkerjasama dengan BNN kota Tangerang, Kesbangpol kota Tangerang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang, melaksanakan kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta Komunikasi, Informasi, Edukasi dan Partisipasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Sadar akan bahayanya Narkotika di berbagai lapisan masyarakat, Imigrasi Tangerang membentuk Tim Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Tim P4GN dikukuhkan
secara langsung oleh Kepala BNN Kota Tangerang Kombes Pol Ichlas Gunawan yang disaksikan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten, Perwakilan dari Setda Kota Tangerang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota
Tangerang, perwakilan dari Disdukcapil Kota Tangerang.

Untuk memperkuat kolaborasi dilakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama
Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN). “Imigrasi Tangerang merupakan salah satu instansi yang secara rutin melakukan pemeriksaan narkotika bekerja sama dengan BNN, hal ini membuktikan konsistensi dari imigrasi tangerang untuk memberantas narkotika
sehingga patut menyandang predikat “BERSINAR” (Bersih Narkotika).” Ungkap Ichlas. Kamis (22/02/2024).

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten Muhammad Akram berpesan agar Tim P4GN yang telah terbentuk harus menunjukkan hasil yang konkrit dan segera laporkan apabila ada pegawai yang benar terbukti melanggar agar diberi sanksi sesuai dengan peraturan yang ada.
“Memberantas Narkotika merupakan tugas dari semua pihak, imigrasi Tangerang berinsiatif mengambil andil kecil dalam tugas tersebut dengan membentuk Tim P4GN, yang akan bertidak secara masiv sehingga dapat melakukan pencegahan dalam
memberantas narkotika demi masa depan bangsa.” Ujar Rakha Sukma Purnama, Kepala Kantor Imigrasi Tangerang.

Komunikasi, Informasi, Edukasi dan Partisipasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Dalam kesempatan yang sama, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang juga melaksanakan Komunikasi, Informasi, Edukasi dan Partisipasi Identitas Kependudukan (IKD).

IKD merupakan dokumen identitas kependudukan yang dapat diakses secara online. Identitas digital diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blanko KTP-El, serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

Kepala Bidang Pengelola Informasi Admnistrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan Kota Tangerang Muflih menyatakan, “Terkait dengan pembuatan dokumen paspor, IKD ini diharapkan dapat mempermudah proses administrasi dan pembuktian identitas yang akurat sehingga tidak ditemukan kembali
permasalahan mendasar bagi petugas Imigrasi dalam memvalidasi data identitas diri dalam penerbitan Paspor.”

Pegawai Imigrasi Tangerang menyambut antusias karena dapat melakukan
pendaftaran langsung didampingi oleh petugas disdukcapil. “Aplikasinya sangat
mudah dan juga sangat membantu karena kita cukup membuka aplikasi IKD yang memuat data kependudukan seperti KTP dan KK serta dapat diakses dengan mudah.” Ujar Yudit Pegawai Kantor Imigrasi Tangerang saat diminta pendapatnya.

Narahubung :
Humas Kanim Tangerang
+62811-8119-000.

Pos terkait