Kegiatan Pengukuhan Pengurus dan Anggota FKPM Satya Rengganis Polres Pangandaran

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

MPI, Pangandaran Jawa Barat – Pengukuhan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Satya Rengganis Polres Pangandaran “Sinergitas polri bersama masyarakat dalam menjaga kondusifitas kamtibmas, Rabu Tanggal  01 Nopember 2023, Pukul 08.30 Wib siang.

KABAG SDM POLRES PANGANDARAN), KOMPOL CUCU SAFIYUDIN, S.Sos., M.H. dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya terhadap FKPM Satya Rengganis Polres Pangandaran.

Bacaan Lainnya

“Kabag SDM Polres Pangandaran menyampaikan :
1. Tujuan dibentuknya atau dikukuhkannya anggota FKPM salah satunya sebagai wahana komunikasi antara Polri dan warga yang dilaksanakan atas kesepakatan bersama dalam rangka pembahasan masalah kamtibmas dan masalahan sosial yang harus dipecahkan bersama oleh masyarakat dan petugas Polri.
2. Dalam pelaksanaannya FKPM tetap berkoordinasi dengan petugas Polmas untuk bekerjasama dalam mengidentifikasi, memprioritaskan dan memecahkan masalah lokal.
3. Harapannya melalui kemitraan FKPM masyarakat dimungkinkan untuk dapat bersama-sama dengan Polri berupaya mencegah dan menberantas kejahatan terutama yang berkaitan dengan kamtibmas mulai dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan Desa.
4. Pentingnya Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban karena jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu tugas-tugas Polri.
5. sebagai alat negara utama yang berperan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban, Polri memegang kewenangan dan kendali penuh terhadap pencapaian tujuan terwujudnya kamtibmas tersebut. Dalam pelaksanaan tugasnya, mitra polri dan komponen masyarakat lainnya harus pula secara proaktif membantu polri dalam mewujudkan kamtibmas.
6. Mitra polri yang notabene memiliki peranan penting membantu melaksanakan tugas Polmas guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, dalam melaksanakan kegiatannya agar dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, sehingga hal tersebut mampu menciptakan situasi kamtibmas yang berkesinambungan antara polri dan masyarakat.
7. Mengucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Forkopimda, Muspika serta Tiga Pilar dan juga para Stakeholder pemerintah yang lainnya.

“Saya minta tidak hanya seremonial saja kita melaksanakan pengukuhan ini saja, namun selaku Kabag SDM Polres Pangandaran mengharapkan implementasi dalam menjaga keamanan,” tegasnya.

Selain Kabag SDM Polres Pangandaran bersama para pejabat utama Polres Pangandaran dan Dandim 0625/pangandaran Letkol Inf Indra Mardianto Subroto, M.Ip., Kepala Kesbangpol Kab. Pangandaran bapa Kustiman S. Sos. MM. Kasatpol Pp Pangandaran Bapa Dedih Rakhmat,, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Pengurus Dan Anggota Fkpm Satya Rengganis Polres Pangandaran Sebanyak 129 Orang, kegiatan ini juga dihadiri Kasat Binmas Polres Pangandaran AKP Didi Sutardi menyampaikan:
1. Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemolisian Masyarakat.
2. Maksud dari Pengukuhan FKPM ini mewujudkan kemitraan polisi dan masyarakat yang didasari kesadaran bersama dalam rangka menanggulangi permasalahan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat guna menciptakan rasa aman, tertib dan tentram serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
3. Tujuannya membangun kendali atas kejahatan sebagai upaya bersama (kolaboratif) dan meningkatkan kontrol atas kejahatan dengan melibatkan mekanisme kontrol sosial yang lebih kuat.

Adapun susunan acara kegiatan Pengukuhan Pengurus dan Anggota FKPM Polres Pangandaran antara lain:
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Menyanyikan Mars FKPM Lodaya
4. Pembacaan Doa
5. Pembacaan Kode Etik FKPM Satya Rengganis
6. Laporan Resmi Kasat Binmas Polres Pangandaran
7. Sambutan Kabag SDM Polres Pangandaran
8. Sambutan Kepala Kesbangpol Pangandaran
9. Penyematan Seragam FKPM oleh Kabag SDM Polres Pangandaran
10. Penyerahan KTA FKPM oleh Kepala Kesbangpol
11. Prakata Ketua FKPM Satya Rengganis
12. Menyanyikan Lagu Padamu Negeri
13. Foto Bersama
14. Penutupan.
Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam keadaan aman, lancar dan kondusif.

(Rano-Mj)

Facebooktwitterlinkedinmailby feather
 

Pos terkait