Anggota Koramil 1301 dan Warga Lintas Iman Bekerjasama Membersihkan Lingkungan Gereja

MPI, Ciamis Jawa Barat – Bertempat di Gereja Katolik St. Yohanes Ciamis, puluhan anggota TNI dari Koramil 1301 Ciamis berkolaborasi bersama warga lintas iman bergotong royong membersihkan area Gereja dan lingkungan sekitarnya, Sabtu (18 November 2023).

Bertajuk “Giat Sabtu Kasih Sayang”, kegiatan ini diikuti sekitar 35 orang warga yang hadir dari lingkungan sekitar mereka membawa perbekalan alat tempur kebersihan dari rumah masing masing, bersama anggota Koramil 1301 para warga membersihkan sampah-sampah yang ada di area gereja dengan penuh sukacita.

Pelda Rahmat Komarudin, babinsa kelurahan Ciamis menyatakan, bahwa awalnya kegiatan Sabtu Kasih Sayang ini hanya melibatkan anggota TNI yang berjumlah 10 orang, namun mendapat respon yang positif sehingga warga pun turut berpartisipasi dalam giat tersebut.

“Kerukunan di Kampung Lebak ini sungguh nyata karena kami sebenarnya tidak mewajibkan warga untuk terlibat, namun mereka sendiri yang berinisiatif untuk hadir dan membersihkan lingkungan Gereja St. Yohanes”, ujar Pelda Rahmat.

Pelda Rahmat menambahkan harapan dengan kegiatan ini dapat lebih menumbuhkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

“Harapannya kegiatan ini semakin menumbuhkan sikap toleransi dan persaudaraan dalam keberagaman, secara khusus di Kampung Lebak, Kampung Kerukunan ini. Meskipun kegiatannya sederhana, yaitu bersih-bersih lingkungan namun memberikan dampak yang luar biasa dalam membangun masyarakat yang rukun.” tandasnya.

Terpantau di lokasi giat ini dimulai pukul 07.00 dengan diawali apel singkat yang dipimpin oleh Pelda Rahmat Komarudin sebagai Babinsa Kelurahan Ciamis didampingi Romo Mikael sebagai kepala gereja St. Yohanes.

Turut hadir Bapak Asep selaku ketua DKM Masjid Al-Mujahidin serta Romo Gatot sebagai perwakilan dari Gereja Katolik.

Selain itu terlihat pula bapak Ismail Suwangga selaku Kepala UPTD Kebersihan Kab. Ciamis yang turut menerjunkan tim kebersihannya mengangkut sampah-sampah yang ada di sana.

Di tempat yang sama Pengurus Gereja Katolik St Yohanes Ciamis, Romo Gatot, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Koramil 1301 Ciamis dan warga lintas iman yang telah menggelar kegiatan bersih-bersih di lingkungan Gereja St Yohanes Ciamis.

Romo Gatot menyebut kegiatan ini sebagai ungkapan kasih sayang yang nyata dan toleransi yang tinggi, meskipun berbeda agama.

“Terima kasih atas ajakan persaudaraan dan kebersamaan ini, saya menyebutnya sebagai semangat kasih sayang dalam bentuk gotong royong yang sederhana tetapi penuh makna,” ucapnya.” Ujarnya.

Nay

Pos terkait