Di Hari HKN Ke-58, RSUD Kota Tangerang Gelar Baksos Penyuluhan, Pemeriksaan Kesehatan Gratis Dan Bagikan Paket Sembako

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

Patroli-indonesia.com, Kota Tangerang –
Para ibu posyandu dan warga ramai-ramai mendatangi Posyandu Mawar di Jalan Beringin RT 04 RW 04, Kel. Kelapa Indah Kota Tangerang. Mereka hadir dalam rangka turut memperingati acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, yang diadakan RSUD Kota Tangerang yang turun menemui masyarakat, pada hari ini Kamis (24/11).

Dengan antusias warga berbondong-bondong datang untuk mengikuti rangkaian acara bakti sosial dengan tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. Mereka dengan tertib mengikuti rangkaian acara yang diadakan. Seperti edukasi seputar kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis dan juga pembagian *bingkisan*.

Bacaan Lainnya

Tim RSUD Kota Tangerang menurunkan tim terbaiknya dalam acara tersebut sebagai narasumber. Salah satunya
dokter Puja Ketua PKRS RSUD kota Tangerang yang memberikan edukasi pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar.

Dikatakannya ada enam langkah mencuci tangan, untuk mencegah penyebaran virus penyakit, seperti Covid-19 yang meskipun sudah mulai melandai, tetapi tetap *mengkhawatirkan*.

“Ibu-ibu ada enam langkah mencuci tangan yang baik dan benar. Ini penting loh, untuk mencegah kuman penyakit masuk ke dalam tubuh,” ucapnya sambil mempraktekkan cara mencuci tangan, bersama para para dokter yang lain.

Selain itu hadir pula dokter O.U Taty Direktur dari RSUD Kota Tangerang. Dalam kesempatan ini
dia menyampaikan, pentingnya masyarakat mempunyai kesadaran untuk rutin mengecek kesehatan secara berkala. Terutama mengkontrol gula darah dan kolesterol, apakah tinggi atau normal.

Jika hasilnya gula darah dan kolesterol tinggi tentu itu akan berbahaya. Karena bisa membuat penyempitan dari pembuluh darah sehingga tiba-tiba sesak nafas dan kaki tidak bisa digerakkan.

“Penyempitan tadi karena kolesterol yang tinggi, makanya kita sediakan ada test gula darah. Insyaallah kita tetap diberikan nikmat sehat ya Bu,” tutupnya.

Dokter Fauzia Citra Diyanti selaku Tim dokter Geriatri (Lansia) turut hadir untuk memberikan edukasi seputar masalah penanganan kesehatan lansia.

Menurutnya ada beberapa langkah untuk menjaga para lansia tetap sehat. Pertama lakukan aktifitas fisik setiap hari selama 10 menit.

“Kedua, lakukan diet sehat yang terdiri dari makanan rendah lemak, ikan, buah dan sayur. Jangan kurangi salah satunya. Minum air putih yang banyak dan kurangi gula” ucapnya.

Lebih lanjut, ketiga para lansia harus memiliki waktu tidur yang cukup enam dan tujuh jam setiap hari. Jika diterapkan akan menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penurunan fungsi kognitif atau daya ingat otak.

Hadir pula Eka Gusmanti S. SiT, S. Sos, M. Kes selaku Edukator Promosi Kesehatan Rumah Sakit, yang turut bergabung memberikan penjelasan maupun juga praktek kesehatan yang baik dan benar.

“Hari ini kami juga memberikan edukasi kesehatan untuk para lansia,” tuturnya.

Setelah acara edukasi, acara yang ditunggu para warga pun datang yakni pemeriksaan kesehatan gratis. Lalu ada momen bahagia, ketika ada pemberian *bingkisan*.

Acara tersebut pun dihadiri pula oleh Lurah Kelapa Indah Rustamaji S.Ip, yang memberikan apresiasi bagi pihak RSUD Kota Tangerang atas acara bakti sosial di lingkungannya.

Menurutnya, hal ini sangat positif bagi warganya dan sangat bermanfaat.

“Dengan pemeriksaan dini kesehatan keluarga kita mudah-mudahan bisa sehat. Namun setidaknya dengan adanya penyuluhan ini ibu ibu bisa memahami berkaitan dengan tata cara untuk cuci tangan,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Rustamaji menuturkan, selama kurang lebih dua setengah tahun pihaknya berusaha memutus mata rantai Covid-19. Karena itu meski saat ini sudah menurun penyebaran, tetapi tetap diingatkan untuk menerapkan proses kesehatan.

“Kemudian dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes), yang mana memang kami beserta jajaran dari wilayah juga bersama Puskesmas berjibaku selama dua setengah untuk memutus mata rantai Covid-19, hingga sampai dengan saat ini sudah menurun. Tetap patuhi prokes,” pungkasnya.

Pewarta Irwam A.N

Facebooktwitterlinkedinmailby feather
 

Pos terkait