Kegiatan Penggalangan, Silaturahmi dan Edukasi Terhadap Tokoh Masyarakat Dalam Rangka Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024

MPI, Pangandaran, Kalipucang – Dalam upaya menciptakan kondisi yang aman dan damai menjelang Pemilu 2024, Kapolsek Kalipucang bersama Camat Kalipucang Bapak Bangi, S.pd.Fis.M.pd., Sekmat Kalipucang, Endang Suarjo, S.IP,. Bhabinkamtibmas, Kanit Propam Polsek Kalipucang, Bripka Barly dan turut hadir Bapa Deni Ramdani, S.Sos. Camat Pangandaran, Kepala Desa Putrapinggan H. Juhen, Kepala Desa Emplak Erna Sutisna (Ketua APDESI), Kepala Desa Bagolo Sutoyo, Kepala desa kalipucang Teguh Sugiharto, kepala desa Pamotan Andi suwandi, Kepala desa Cibuluh Budi, kepala desa Banjarharja Hermana. telah melaksanakan kegiatan silaturahmi dan penggalangan kepada tokoh masyarakat, khususnya Kepala desa Ciparakan beserta staf dan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama desa Ciparakan, di kediamannya Dsn/Ds Ciparakan RT 03/01 Blok Nanggorak, pada hari ini Kamis (02/11/2023), sekitar pukul 10.00 wib siang hingga selesai.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun sinergi dan kerjasama antara aparat keamanan dan tokoh masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang kondusif menjelang Pemilu 2024.

Adapun tokoh masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah Bapak Sarji dari Dsn/Ds Ciparakan RT 03/01 Blok Nanggorak kec kalipucang kab Pangandaran, dan Bapak Abdul Hamid sebagai Ketua MUI desa Ciparakan.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolsek bersama Rombongan, memberikan beberapa himbauan dan pesan penting kepada tokoh masyarakat:

Sinergi dengan Aparat Keamanan dalam tertib berlalu lintas : Para tokoh masyarakat diharapkan dapat memberikan wawasan/edukasi tentang peduli tertib berlalu lintas, bahwa masih banyak anak sekolah yang sudah diizinkan orang tuanya dalam mengendarai sepeda motor, padahal mereka belum cukup umur dan belum memiliki SIM sehingga hal ini dianggap perlu untuk kita sosialisasikan.

“Yang kedua karena faktor jalan dimana masih banyak ditemui jalan dengan kondisi yang bisa beresiko kecelakaan, serta yang ketiga adalah faktor kelengkapan kendaraan, tertib berlalu lintas merupakan sebuah tindakan yang mulia.” Ungkapnya.

Menurut Kapolsek, dengan menyampaikan pesan tertib berlalu lintas di Lingkungan masyarakat diharapkan terciptanya generasi muda yang patuh hukum lalu lintas dan mengaplikasikan keselamatan berkendara pada saat berkemudi di jalan raya.

“Tindak lanjut setelah kegiatan ini adalah peran orang tua dalam mengontrol keselamatan berkendara terhadap anak dan terus memantau anak untuk melengkapi surat-surat kendaraan, kelengkapan kendaraan serta administrasi pribadi bagi para pengendara tersebut,” katanya.

“Tentunya kita sebagai orang terpelajar sudah dapat menarik kesimpulan sendiri bahwa peraturan dibuat juga demi keselamatan, jadilah pelopor keselamatan dari diri kita sendiri,” ujar Iman.

Dan Waspadai Hoax: Polsek kalipucang menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya pada berita palsu (hoax) atau informasi yang belum jelas kebenarannya, terutama yang tersebar melalui media sosial dan media elektronik. Tindakan ini diambil untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang dapat memicu ketegangan di masyarakat.

Laporkan Gangguan Kamtibmas: Seluruh warga diminta untuk segera melaporkan segala bentuk kegiatan atau peristiwa yang dapat menganggu Kamtibmas kepada Polsek kalipucang. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu aparat keamanan dalam merespons potensi masalah dengan cepat.

Harmonisasi Hubungan: Dengan diselenggarakannya kegiatan silaturahmi ini, diharapkan hubungan antara Polri dan warga masyarakat akan semakin harmonis. Hal ini bertujuan untuk menciptakan iklim yang sejuk dan aman menjelang Pemilu 2024 di wilayah kecamatan Kalipucang, kabupaten Pangandaran.

Salah satu Tokoh masyarakat bapak Sarji dari Pemerintah desa Ciparakan menyampaikan, Apresiasi Positif terhadap kunjungan Kapolsek beserta Rombongan tersebut dia berkomitmen akan turut serta dalam mendukung memberikan himbauan kepada masyarakat di lingkungannya, dan memberikan Informasi kepada Aparat keamanan bila ada gangguan kamtibmas,” Jelasnya.

Kapolsek Kalipucang Iptu Iman Sudirman dalam kesempatan tersebut menyampaikan, “Kegiatan silaturahmi dan penggalangan tokoh masyarakat ini menjadi langkah Cooling System dalam memastikan Pemilu 2024 berlangsung dalam suasana aman dan damai. Kolaborasi antara aparat keamanan dan tokoh masyarakat diharapkan akan membawa manfaat positif bagi masyarakat luas dan meneguhkan komitmen terhadap keamanan wilayah,” pungkasnya. (Adang.s)

Pos terkait