Sekda Kabupaten Nias Tinjau Operasi Katarak di UPTD RSU Bersama DR Thomsen 

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

Patroliindonesia.com Nias – Sekda Kabupaten Nias beserta rombongan meninjau secara langsung pelaksanaan Operasi Katarak pada hari kamis 06/10/2022 di UPTD RSUD dr. M. Thomsen Nias. Jumat, (07/10/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias, Direktur RSUD dr. M. Thomsen Nias, Kabid Pelayanan RSUD dr. M. Thomsen Nias, Kabag Kesra Kabupaten Nias, Protokol dan Komunikasi Pimpinan serta Kominfo Kabupaten Nias.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, Bands Ministries gelar Operasi Katarak Gratis di Wilayah Kepulauan Nias yang terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota, dimana waktu pelaksanaannya dilakukan selama 6-8 hari dengan target jumlah pasien ± 500 orang. Namun, sejak dimulainya kegiatan tersebut jumlah pasien membludak hingga ± 600 orang pasien, sehingga waktu pelaksanaan kegiatan tersebut ditambah hingga 6-9 hari.

Kabid Pelayanan RSUD dr. M. Thomsen Nias dr. Hotman Purba mengatakan bahwa jumlah pasien tersebut akan terus bertambah dan tidak tertutup kemungkinan lebih dari jumlah yang ditargetkan sebelumnya.

Baca Juga  Walikota Gunungsitoli Dampingi Gubsu, Kapolda & Pangdam Tinjau Vaksinasi Lansia Dan Anak

“kita tetap berusaha dan berupaya untuk tetap melayani dan memfasilitasi para pasien serta membantu pihak Bands Ministries dalam melaksanakan aktivitas selama kegiatan ini dilaksanakan” ujar dr. Hotman Purba

Sementara itu, Sekda Kabupaten Nias setelah tiba dilokasi kegiatan, beliau langsung menemui sambil menanyakan langsung tentang penyakit yang dialami kepada beberapa pasien yang sedang di cek kelayakannya untuk dilakukan Operasi Katarak dan juga para pasien yang sedang melakukan operasi serta pasien yang telah selesai melakukan operasi.

Di sisi lain, jumlah pasien yang datang terus bertambah, pihak RSUD dr. M. Thomsen Nias dan Bands Ministries berusaha untuk melayani pasien 200 orang per harinya.

“pelayanan yang kita berikan tetap mengikuti prosedur yaitu pasien harus mendaftar terlebih dahulu, kemudian dilakukan pengecekan gula darah dan tekanan bola mata apakah layak untuk dioperasi atau tidak” terang dr. Hotman Purba

Baca Juga  “Temu Kangen” Alumni SMP PGRI 36 Sukses Gelar Reuni di Fun Park Water Boom

“sejauh ini, pasien yang telah kita layani tidak ada yang tidak layak untuk dioperasi namun semua layak untuk dioperasi” tambahnya

Berdasarkan data jumlah pasien yang sudah mendaftar sebelumnya berjumlah 551 orang dan jumlah mata yang harus dioperasi berjumlah 851 mata, sebab beberapa pasien perlu dioperasi kedua bola mata dan ada juga yang hanya 1 bola mata saja.

Mengingat Operasi Katarak ini terbuka untuk umum, maka Pihak RSUD dr. M. Thomsen Nias mengambil kebijakan untuk membantu para pasien agar sebelum dan sesudah dilakukannya operasi dapat dipastikan aman dan bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

“bagi pasien yang tempat tinggalnya jauh dari kota, boleh menginap di tempat yang sudah di sediakan karena besok harus di cek kembali kondisi mata yang sudah dioperasi sedangkan untuk pasien yang tempat tinggalnya dekat boleh pulang tapi harus kembali lagi besok untuk dilakukan pengecekan” tegas dr. Hotman Purba

Baca Juga  Media Jurnal Polri Adakan Acara Rapat Kaperwil, Korlip, Biro Jawa Barat Dan Jawa Tengah

Menanggapi hal tersebut, Sekda Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H., mengucapkan terimakasih kepada seluruh Tim dari Bands Ministries dan juga kepada Pihak RSUD dr. M. Thomsen Nias yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kepada Kadis Kesehatan P2KB dan Direktur RSUD dr. M Thomsen Nias, agar dilakukan dan dipastikan pelayanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), baik sebelum operasi, maupun saat operasi dan pasca operasi” harap Sekda Kabupaten Nias.

“semoga fasilitas dapat memadai, obat-obatan yang telah disediakan dapat bermanfaat, tempat dan operasi pasien saya harap agar nyaman dan dilakukan dengan pelayanan yang prima” tambah Sekda Kabupaten Nias. ( Gali Zebua )

Facebooktwitterlinkedinmailby feather
 

Pos terkait