UPT Puskesmas Poris Gaga Menjelang Hari Sumpah Pemuda Gelar Aksi Bergizi di MTs AL Muin

Facebooktwitterlinkedinrssyoutubeinstagrammailby feather

Patroli-indonesia.com Kota Tangerang – Dalam menyambut hari sumpah Pemuda Yayasan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AL Muin gelar aksi Ber Gizi, bekerjasama dengan Puskesmas Poris Gaga yang dilaksanakan di lokasi lapangan SMK AL Muin Jl.Maulana Hasanudin No 94 Poris Jaya kecamatan Batu ceper kota Tangerang. Rabu kemarin, (26/10/2022).

Acara kegiatan Aksi Ber Gizi dihadiri kepala sekolah (Kasek) SMK Sofwan Qusyairi SPd dan dari Kapus Drg. Apriliana Mardiyanti diwakili oleh dr Riyan Austin beserta jajaran nakes juga peserta siswi SMK- SMP MTs serta para dewan Guru.

Bacaan Lainnya

Sementara Kasek SMK Sofwan Qusyairi SPd saat ditemui media patroli Indonesia Com, menerangkan bahwa acara tersebut berjalan cukup lancar, tertib dan kondusif. “Alhamdulilah hari ini kita ada kegiatan aksi bergizi, bekerjasama dengan puskesmas Poris Gaga. Untuk kegiatan ini adalah aksi kesehatan yang diadakan oleh kementrian Republik Indonesia melalui UPT Puskesmas kelurahan Poris Gaga Lama yang bekerjasama dengan yayasan AL Mu’in khususnya pada tingkat madrasah Tsamawiyah.” Papar Sofwan.

“Kegiatan ini, lanjutnya, memang sudah direncanakan sebelumnya dan memang juga termasuk didalamnya dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda,” ujarnya.

“Tentunya memang ini menjadi sebuah kisah, dan saya sebagai kepala sekolah harapkan kita anak-anak semua dalam kondisi sehat semua tentunya.

Dan itu ada dukungan bimbingan dari tim kesehatan artinya bahwa kerjasama ini bukan hanya baru dengan tim kesehatan di sekolah, bahwa memang puskesmas di wilayah kota Tangerang, selalu berkordinasi dengan kita dalam hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan siswa siswi guru, dan lain sebagainya.” Sambungnya.

Dan tentunya harapan kita bahwa ini adalah merupakan suatu kerjasama yang baik demi membentuk anak-anak sehat kedepannya. Kesehatan ini merupakan modal utama kita dalam kehidupan, jadi kalau badannya sehat anak-anak bisa belajar dengan baik, gurunya juga demikian ini harapan kita.” Pungkasnya.

Nova Andriani SGZ sebagian ahli gizi menambahkan pada hari ini tanggal 26 oktober 2022 serentak di seluruh Indonesia di laksanakan kegiatan aksi bergizi pada usia remaja usia SMP dan SMK.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan remaja putri agar bisa mengonsumsi tablet tambah darah secara rutin yang bertujuan agar bisa membuka pengetahuan mereka betapa pentingnya konsumsi tablet tambah darah di masa kini dan masa kedepannya. Karna tujuan program pemerintah ini untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas sumber daya berkualitas ini di hasilkan dari sendini mungkin dari remaja remaja putri ini yang mana nantinya mereka menjadi calon ibu yang akan melahirkan anak sehingga anak yang mereka lahirkan bisa bergizi baik,” ujarnya Nova Andriani SGZ

“Jadi dengan kegiatan aksi bergizi ini juga diharapkan sekolah pun bisa membuatkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin, minimal ada pemantauan setiap seminggu sekali sudah meminum tablet tambah darah atau tidak. Harapan kedepannya, gak ada remaja putri yang anemia dan juga remaja putrinya bisa rutin minum tablet tambah darahnya seminggu sekali, dan jadi punya kesadaran sendiri dari dalam diri bukan karna disuruh tapi karna mereka paham bahwa itu penting untuk dirinya dan masa depannya, menjadi baik dan sehat.” Imbuh Nova.

Selanjutnya, kata dr.Riyan Austin yang juga ditemui awak madia Patroli Indonesia Com, menjelaskan, bahwa gerakan nasional aksi bergizi ini adalah gerakan ya bersama untuk seluruh Indonesia dalam memperingati hari sumpah pemuda. “Dan hari ini kesehatan nasional dimana fakusnya adalah pada gizi terutama pada anak remaja yang menjadi generasi penerus bangsa bisa kita pastikan terutama untuk yang siswi-siswi ini Hb nya agak rendah, maka kita juga membagikan tablet tambah darah, serta senam beserta siswi jumlah 50 orang peserta.” Katanya.

“Para siswi disini gak ada yang bermasalah kesehatan, tadi cek Hb memang dilakukan ke 50 siswi secara acak, dan kurang lebih 40 sampai 50% memang Hb nya rendah, hal ini menunjukan di remaja siswi SMP MTs dan siswi SMK ternyata banyak yang menderita anemia ringan.” Ujar nya dokter Riyan.

“Sehingga memerlukan suplementasi tablet tambahan darah. Nantinya akan di edukasi untuk pola makanan yang banyak daging-daging merah dan sayuran hijau yang bisa meningkatkan kadar Hb.” Sambungnya.

“Harapan Kami dari puskesmas Poris Gaga Lama mau terus berpartisipasi aktif agar menyehatkan dan memaksimalkan bidang kesehatan untuk generasi penerus bangsa, tentunya generasi bangsa yang sehat tumbuh kembang yang sangat baik dapat menjadi penerus bangsa yang revolusioner dan luar biasa,” pungkas dr. Riyan Austin.

( Muhamad )

Facebooktwitterlinkedinmailby feather
 

Pos terkait